Organisasi Komputer Dasar
Nama : Yohannes Leonard
Kelas : 4IB02-C
Npm : 17416788
ORGANISASI KOMPUTER DASAR
I. PENGERTIAN
Organisasi Komputer mempelajari
bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara
komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
II. PERBEDAAN
Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang
terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan
deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM,
cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah
arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung
pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi,
aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen
dalam perangkat keras komputer ini.
Organisasi Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut –
atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan
sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen
perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Organisasi Komputer :
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait
erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun
sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya
mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan
hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi
hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal
kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu
memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan
arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan
secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem
computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface),
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Perbedaaan Utamanya :
Organisasi Komputer :
– Bagian yang terkait dengan erat dengan
unit – unit operasional
– Contoh : teknologi hardware, perangkat
antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
– Atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer
– Contoh : Set instruksi, aritmetika yang
dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
A.
Struktur Komputer
Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan
dunia luar.
Interaksi
dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran
komunikasi.
Dalam
buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer. Perhatikan
gambar 1.2,
terdapat
empat struktur utama:
·
Central Processing Unit (CPU),berfungsi sebagai
pengontrol operasi komputer danpusat pengolahan fungsi – fungsi komputer.
Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor(prosesor) saja.
·
Memori Utama, berfungsi sebagai
penyimpan data.
·
_I/O, berfungsi memindahkan data ke
lingkungan luar atau perangkat lainnya.
·
System Interconnection, merupakan sistem yang
menghubungkan CPU, memori utama dan dan O/I
·
Komponen
yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat
pada
gambar 1.2, dengan struktur utamanya adalah :
·
Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU
dan mengontrol komputer secarakeseluruhan.
·
Arithmetic And Logic Unit (ALU),berfungsi untuk membentuk
fungsi – fungsipengolahan data komputer.
·
Register, berfungsi sebagai penyimpan internal
bagi CPU.
·
CPU Interconnection, berfungsi
menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
B.
Fungsi Komputer
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana seperti terlihat pada gambar 1.3.
Pada
prinsipnya
terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
_
Fungsi Operasi Pengolahan Data
_
Fungsi Operasi Penyimpanan Data
_
Fungsi Operasi Pemindahan Data
_
Fungsi Operasi Kontrol
Komputer harus dapat memproses data. Representasi
data di sini bermacam–macam,
akan
tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam
pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu
mekanisme penyimpanan data. Walaupun hasil komputer
digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data
prosesnya. Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan
datadiperlukan antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh
unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya disebut peripheral.
Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device,
komputer melakukan proseskomunikasi data.
Gambar 1.4 mengilustrasikan operasi–operasi komputer. Gambar 1.4a adalah
operasi pemindahan data, gambar 1.4b adalah operasi penyimpanan data, gambar
1.4c dan gambar 1.4d adalah operasi pengolahan data.
STRUKTUR
KOMPUTER
— Struktur komputer
didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait.
Empat komponen pokok sistem komputer:
1.
Pemroses
2.
Memori Utama
3.
Perangkat masukan dan keluaran
4.
Interkoneksi antarkomponen
a. Arsitektur mesin analisis
babbage (1843)
Penemu
bernama chals babbage pada tahun 1843, dia menemukan suatu konsep pemrosesan
data yang menjadi dasar kerja computer zaman sekarang .
1) Alat mekanis pertama yang
digunakan untuk algoritma
2) Pemrograman langsung
dilakukan oleh programmer , ada augustua lovelce (penemu bahasa
pemrograman)
Arsitektur
mesin
a) Bagian input, digunakan
untuk membaca intruksi – intruksi dan data dari kartu berlubang
b) Bagian penyimpanan, memuat
1000 word yang masing –masing terdiri dari 50 digit decimal
c) Bagian pengolahan,
digunakan untuk melakukan pemroses data berdasarkan intrusi yang dilakukan
kartu plong
d) Bagian output , terdiri
dari output tercatat dan tercetak yang digunakan untuk menyimpan serta
menampilkan hasilnya
e) Kelemahan : mesin in belum
stored program
a. Arsitektur mesin van neuman
(1952)
Mewakili
mesiin computer generasi pertama yang bersifat stored program , konnsep binary
menjadi tonggak sejarah dalam terciptanya computer digital
Sketsa
computer van neumen :
Arsitektur
mesin :
1. Unit Input, untuk membaca data dan
instruksi yang diberikan.
2. Main Memory, terdiri dari 4096 Word satu
word memuat 40 bit biner.
3. Arithmetic Logic, sebagai bagian yang
berfungsi sebagai unit pemrosesan.
4. Control Unit, sebagai pengendali kerja
antar komponen arsitektur.
5. Unit Output, untuk menampilkan hasil
pengolahan data yang dilakukan ALU dan CU.
a. Arsitektur Mesin computer
modem (1980).
1. Registers, adalah media penyimpan
internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data
2. Arithmetic and Logic Unit
(ALU),
bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data computer
3. Control Unit, bertugas mengontrol
operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi
sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya
4. CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan
bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan
register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan
dengan sistem lainnya
1. Fungsi CPU
a. Fungsi CPU adalah penjalankan program
– program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi –
instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai
alur perintah
b. Proses Eksekusi
Program adalah
dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute)
c. Siklus Fetch Eksekusi
Program :
1) CPU awalnya akan membaca
instruksi dari memori
2) Terdapat register dalam CPU
yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut
Program Counter (PC).
3) PC akan menambah satu
hitungannya setiap kali CPU membaca instruksi.
4) Instruksi – instruksi yang
dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR).
2. AKSI-AKSI DI DALAM CPU.
a. CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya
b. CPU – I/0, perpindahan data dari CPU ke modul I/0 dan sebaliknya
c. Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data
d. Kontrol, merupakan instruksi
untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan
eksekusi
3. SIKLUS INSTRUKSI DALAM CPU.
a. Instruction Addess Calculation (IAC),yaitu mengkalkulasi atau menentukan alamat
instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Biasanya melibatkan penambahan
bilangan tetap ke alamat instruksi sebelumnya
b. Instruction Fetch (IF), yaitu membaca atau pengambil instruksi dari
lokasi memorinya ke CPU
c. Instruction Operation Decoding (IOD),yaitu menganalisa instruksi untuk menentukan
jenis operasi yang akan dibentuk dan operand yang akan digunakan
d. Operand Address Calculation (OAC),yaitu menentukan alamat operand, hal ini
dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori
e. Operand Fetch (OF), adalah mengambil operand dari memori atau dari
modul 1/0
f. Data Operation (DO), yaitu membentuk operasi yang diperintahkan dalam
instruksi
g. Operand store (OS), yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori
4. TENTANG INTERUPT.
a. Fungsi interupsi adalah mekanisme penghentian
atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada routine interupsi. Hampir
semua modul (memori dan I/0) memiliki mekanisme yang dapat menginterupsi kerja
CPU.
b. Tujuan interupsi secara umum untuk menejemen
pengeksekusian routine instruksi agar efektif dan efisien antar CPU dan modul –
modul I/0 maupun memori.
c. Setiap komponen komputer dapat menjalankan
tugasnya secara bersamaan, tetapi kendali terletak pada CPU disamping itu
kecepatan eksekusi masing – masing modul berbeda sehingga dengan adanya fungsi
interupsi ini dapat sebagai sinkronisasi kerja antar modul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar